Senin, 27 Juli 2015

Pengalaman Bayar Uang Kuliah Menggunakan Bank BNI

Sekitar tiga mingguan lalu, gue ngadepin salah satu persoalan hidup yang umum dialami oleh mahasiswa mapupun pelajar-pelajar lainnya di Indonesia; Ujian Akhir Semester. Iya, emang, buat gue dan mahasiswa-mahasiswa lain, ujian akhir semester merupakan sebuah kerikil kecil yang harus bisa dilewatin. Kalau gue nggak bisa lewatin fase ini dengan baik, kemungkinan gue bakal ngulang beberapa mata kuliah, dan  kalau banyak mata kuliah yang nggak lulus, gue nggak dibolehin ambil skripsi. Endingnya gebetan gue keburu dijodohin sama orang lain karena kelamaan nunggu gue lulus kuliah.

        Nah, pas momen ujian akhir semester kemarin, ada sebuah kejadian yang udah nggak asing buat gue. Jadi ceritanya, pas di kampus gue ketemu sama temen kuliah yang sebut saja namanya Anjar (ini nama sebenarnya). Si Anjar ini anaknya bawa perasaan banget. Dibecandain dikit ngambek, dicurhatin cewek bentar matanya berkaca-kaca, dikasih tau ini-itu nggak terima. Makanya gue males deket-deket sama si Anjar. Tapi, ya namanya juga nasib. Nggak tau kenapa, hari itu gue bisa-bisanya ketemu sama dia. Dan waktu itu Anjar nanya-nanya ke gue mengenai ujian nanti. Anjar cerita panjang-lebar mengenai kuliahnya dia ke gue, katanya akhir-akhir ini dia udah disuruh cepet-cepet lulus kuliah sama orang tuanya. Dan di ujian kali ini, dia nggak boleh gagal. Semua mata kuliah harus lulus supaya dia bisa ambil skripsi di semester depan. Nggak cuma itu, ada keluhan lain yang dia ceritain ke gue, yaitu mengenai sistem pembayaran uang kuliah di kampus gue yang masih ribet. Iya, di kampus gue itu biasanya saat menjelang ujian nggak bakal aneh kalau lihat antrian mahasiswa bayar uang kuliah.


harus bisa lolos audisi biar terkenal dan gampang nyari pacar 


Iya, gambar di atas itu adalah antrian mahasiswa buat bayar uang kuliah, bukan antrian audisi ajang pencarian bakat. Jujur, beberapa semester terakhir ini, gue pun rada males kalau misalnya mau bayar uang kuliah. Udah antri panjang-panjang dan ngabisin waktu, eh ngobrol sama mbak teller-nya transaksi pembayarannya juga lama. Nggak efektif banget. Untungnya, kalau nggak salah, pas semester kemarin, gue dikasih tau sama temen kalau kampus gue ini juga kerja sama dengan Bank BNI untuk memudahkan mahasiswanya bayar uang kuliah. Dan info mengenai kerja sama antara Bank BNI dengan kampus gue ini, gue ceritain ke Anjar biar dia nggak capek antri lagi buat bayar kuliah. 

Awalnya ini anak nggak percaya kalau nantinya bayar di Bank BNI bakalan sama aja antrinya dan paling khawatir kalau saldo pembayarannya nggak langsung masuk ke dalam tagihannya dia (seperti yang udah-udah kejadian saldo nggak langsung masuk ke tagihan ini sering banget terjadi). Gue ngerti dengan keluhan dia, karena gue pun sering mengalaminya. Akhirnya, gue meyakinkan dia buat bayar uang kuliah di Bank BNI. Gue bilang ke dia,



“Jar, gue tau lo males antri panjang-panjang dan saldo pembayaran lo sering nggak masuk di tagihan. Nggak ada salahnya kita coba bayar di Bank BNI. Siapa tau lebih oke, dan lo bisa tenang ikut ujian."


“Oke, boleh dicoba kita bayar kuliah via Bank BNI. Eh, tapi, lo udah nyiapin contekan buat ujian nanti?” Anjar balik nanya ke gue.


“...........................”



Kemudian bergegaslah gue sama Anjar ke kantor Bank BNI yang kebetulan ada di dalam area kampus buat bayar kuliah.



bukti gue anak baik-baik, uang bayar kuliah disetor ke kampus, nggak buat bayarin gebetan nonton


         Setelah selesai bayar uang kuliah, seperti yang udah-udah kayak biasanya, gue sama Anjar khawatir kalau uang yang udah kita setor nggak masuk ke tagihan pembayaran uang kuliah. Bukannya apa-apa, kalau nggak masuk ke tagihan, nantinya bakalan ribet lagi ngurusin uang yang udah masuk itu dan terancam nggak bisa ikut ujian. Sekitar setengah jam setelah bayar uang kuliah, gue buka website kampus dan ngecek tagihan pembayaran gue. Di situ gue seneng banget, uang kuliah gue langsung masuk saat itu juga! :D

Nggak cuma itu, gue juga baru tau kalau sistem pembayaran kuliah di kampus gue ini juga bisa dilakukan secara mobile melalui Bank BNI. Yap! Temen-temen gue banyak yang memanfaatkan layanan BNI SMS Banking untuk bayar kuliah. Mereka bisa bayar kuliah kapan pun dan di mana pun  mereka berada. Bisa bayar kuliah sambil pacaran, jalan-jalan, nongkrong di mall, atau bisa juga pas nungguin gebetan bales chat. Ini yang bikin gue nyesel kenapa nggak dari dulu pakai layanan dari Bank BNI aja. Kenapa gue baru sadar pas di semester-semester akhir begini, kalau gue pakai layanan Bank BNI dari semester awal, mungkin waktu yang kebuang buat antri kayak tadi bisa dimanfaatkan buat pacaran, main game, jalan-jalan baca buku di perpus supaya bisa dapat ilmu tambahan selama kuliah. Oiya, temen-temen kuliah gue pada download aplikasi BNI SMS Banking ini  di Android PlayStore.


ini tampilan aplikasi BNI SMS Banking, asik banget bisa bayar uang kuliah secara mobile


gue nggak keberatan menampung sebagian rejeki kalian ke rekening gue


Anyway, jadi intinya gue puas banget dengan pelayanan yang ada di Bank BNI. Mulai saat ini, gue nggak harus antri capek-capek buat bayar kuliah, karena pas gue bayar kuliah kemarin, petugas di sana memberikan kemudahan banget. Antrian pas bayar kuliah yang relatif pendek, dan asli, pelayanan transaksinya cepet banget! Ditambah lagi, saldo pembayaran langsung masuk ke tagihan pembayaran uang kuliah! Apalagi, ditambah sistem pembayaran uang kuliah di kampus gue sekarang bisa dilakukan secara mobile, jadi makin ngerasa nyaman buat menggunakan layanan transaksi di Bank BNI.






Oiya, setelah berbagi cerita panjang-lebar mengenai pengalaman gue menggunakan layanan Bank BNI, nggak lupa juga, lewat postingan di blog ini, gue mau ucapin selamat ulang tahun untuk Bank BNI yang ke-69. Sesuai dengan usia yang makin matang, "Berprestasi & Berbagi Untuk Negeri" adalah hal yang gue yakini bukan cuma sekedar tagline belaka. Gue sangat yakin, dan percaya bahwa Bank BNI udah melakukan hal-hal yang bermanfaat dan berguna banget buat Indonesia. Gue sempet baca-baca apa aja kegiatan Bank BNI selama beberapa tahun belakangan ini, yang belakangan gue tau kalau namanya adalah Bina Lingkungan. Dan salah satu dari kegiatan keren Bank BNI adalah gerakan  Tambah4Kampoeng BNI di Sumatera yang mendukung kegiatan ekonomi kreatif di sana, selain itu, gue juga suka sama aksi Bangun Desa Wisata Komodo. Hal-hal semacam inilah yang menginspirasi gue supaya bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang positif dan berguna. Apalagi udah "disindir" sama kegiatan Bank BNI yang dukung kegiatan ekonomi kreatif tadi. Masa kita-kita ini anak muda yang ngakunya kreatif nggak berbuat apa-apa sih. Iya, kan?

Sebelum menutup postingan ini, gue punya harapan yang ingin disampaikan ke Bank BNI; jangan pernah bosan mengukir prestasi, terus berbagi dan selalu beri generasi muda banyak inspirasi, supaya anak muda seperti kita-kita ini punya prestasi yang membanggakan untuk Indonesia. Sekali lagi, selamat ulang tahun, Bank BNI! #69TahunBNI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar